Kota Sabang Kembali Raih WTP ke 6

Kamis, 31 Mei 2018 Pemerintahan

Oleh admin

SABANG. Pemerintah Kota Sabang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keenam secara berturut-turut atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2017 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Aceh di ruang rapat kantor BPK RI Perwakilan Aceh, Senin (28/5).

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kota Sabang itu diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Aceh bapak Isman Rudy yang diterima oleh Walikota Sabang Bapak Nazaruddin, ikut di dampingi oleh Wakil Ketua DPRK kota Sabang Afrizal Bakri, SH.I, hadir juga dalam penyerahan tersebut Sekda Kota Sabang Drs. Zakaria MM, Inspektur Kota Sabang Amiruddin, Plt. Sekwan Kota sabang Faisal, Kepala BPKD Kota Sabang Azwardi AP M.Si dan Kabag Umum dan Humas Bahrul Fikri S.STP MM , di ruang rapat BPK Perwakilan Privinsi Aceh,senin, 28/05/2018.

Selain Sabang, ada tiga Kabupaten lainnya juga menerima WTP secara bersamaan yakni, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Barat Daya dan Kabupaten Gayo Lues.

Kepala BPK Perwakilan Aceh Isman Rudy, SE,MM dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan. Pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (Fraud) dalam pengelolaan keuangan.

"Meski demikian, jika pemeriksaan menemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan, khususnya yang berdampak adanya potensi dan indikasi kerugian negara, maka hal ini harus kami ungkapkan dalam laporan hasil pemeriksaan,"paparnya.
Dalam batas tertentu terkait meterialitasnya, hal ini mungkin akan mempengaruhi opini atau mungkin juga tidak mempengaruhi opini atas kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan.
Dengan demikian opini yang diberikan atas pemeriksa termasuk opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai "Kewajaran" laporan keuangan bukan merupakan jaminan tidak adanya "Fraud" yang ditemui ataupun kemungkinan timbulnya "Fraud" dikemudian hari.
"Bagi BPK hal ini perlu disampaikan, mengingat masih banyak terjadinya kesalahpahaman oleh sebagian kalangan mengenai opini BPK,"katanya.

Sementara mewakili pimpinan DPRK Kabupaten/Kota Afrizal menyampaikan terima kasih kepada BPK Perwakilan Aceh atas hasil pemeriksaan LKPD Kota Sabang 2017, sehingga hasil pemeriksaan nantinya bisa segera dipelajari dan dievaluasi agar lebih baik lagi ke depannya.

"Semoga dengan opini WTP ini, LKPD Kota Sabang tahun 2017 menjadi hadiah dan berkah bagi masyarakat Kota Sabang,"katanya.

HUMAS PEMKO